Wednesday 19 October 2016

        
  DASAR  ARSITEKTUR MEMBANGUN JARINGAN




   

      Halo Agan-agan sekalian, ketemu lagi dengan saya bersama dengan blog baru saya di butuh-it.blogspot.com/co.id ini (Alay jadi pembawa acara radio :P ..hahah). Pada pertemuan kita kali ini agan-agan sekalian, saya akan membahas sesuai dengan janji saya kemarin tentang 4 karakteristik dasar Arsitektur Jaringan dalam  komputer yang dimana sangat berpengaruh dalam rencana membangun jaringan fisik. Baik lansung kita mulai saja ya gan. ^^

       Ketika kita akan membangun sebuah Jaringan fisik, dibutuh 4 hal dasar yang paling umum dan merupakan hal penting yang harus di perhatikan, yaitu mentolenrasi kesalahan,Skalabilitas,Kualitas Layanan, dan Keamanan.


     Tolenrasi Kesalahan

          Tolenrasi kesalahan pada network, merupakan  salah satu pembatas untuk kerusakan yang terjadi pada hardware atau software dan memperbaiki kerusakan itu secepat mungkin, Sehingga melancarkan kinerja network antara link pengiriman data  dan penerima data. Jika salah satu link network rusak, proses pengiriman data dijamin tidak terganggu dengan menggunakan link network cadangan, sehingga disarankan perlu untuk Meningkatkan ketersediaan network yang digunakan untuk link pengiriman data antara pengirim dan penerima pesan.

Skalabilitas

      Memperbesar skala dalam network dapat meningkatkan kecepatan dalam pengembangan network untuk mendukung pengguna baru atau perangkat baru tanpa mempengaruhi kinerja  layanan yang diberikan kepada pengguna yang ada. Tetapi, hal tersebut juga tergantung pada desain hirarki layer untuk infrastruktur fisik dan  arsitektur  logis, jik tidak sesuai dapat menyulitkan dalam membangun skala network yang ingin kita bangun.

 Kualitas Layanan (Quality of Service)

              Kualitas layanan dapat dikatakan mengacu pada mekanisme  mengatur lalu lintas traffik pada network yang padat. Fitur QoS pada perangkat network kita akan menjamin kualitas pesan yang akan dikirim. Pesan suara dan video merupakan pesan yang tidak bisa di interupsi dan harus konstan karena ini bersifat real time, dengan QoS kita dapat memberikan prioritas utama pada traffik suara dan video yang melalui network kita. žKemampuan QoS dalam menanggulangi delay dan packet-loss juga dibutuhkan dalam mengirim data dikarenakan mempercepat penyampaian data ke tujuan.
   žCara menerapkan QOS pada network kita, didasari oleh:
Klasifikasi 
     Berdasarkan pada kombinasi antara karakteristik komunikasi dan tingkat pentingnya suatu data yang akan dikirim. Komunikasi yang berhubungan dengan waktu diklasifikasikan berbeda dengan komunikasi yang bisa menunggu.  
Prioritas Data 
      Administrator suatu network akan memberikan prioritas bandwidth yang berbeda untuk data yang bersifat penting. Contohnya, sebuah perusahaan akan lebih menyediakan bandwidth yang besar untuk pengiriman video streaming dibandingkan dengan pengiriman email. 
        Dibutuhkan metode untuk memprioritaskan Traffic network, strategi dalam pengiriman data yang harus dicermati yaitu:
      Komunikasi yang sensitif akan waktu: meningkatkan prioritas untuk layanan komunikasi telepon atau video.
      Komunikasi yang tidak sensitif akan waktu: menurunkan prioritas untuk akses web page dan email. 
   
     Komunikasi yang tidak diinginkan: menutup sama sekali jalur komunikasi data untuk  hal-hal yang dianggap tidak perlu. 
 
Keamanan (Security)
  
                Hal ini menurut saya merupakan hal yang paling penting dan di utamakan dalam dunia jaringan karena keamanan jaringan sangat dibutuhkan, baik dalam bisnis maupun untuk mengamankan data pribadi.

              Pengaruh-pengaruh seperti žIntervensi dari jaringan luar yang akan menggagalkan suatu transaksi yang mengakibatkan kegagalan dalam bisnis, pemakaian rekening oleh orang lain, atau disusupinya data pribadi atau bisnis tentang kesepakatan dengan pihak lain, sehingga menghilangkan kepercayaan publik terhadap perusahaan tersebut. Hal yang merugikan tersebut dapat dicegah dengan adanya keamanan pada jaringan. Ada 2 tipe keamanan network, yaitu dari segi Infrastruktur dan segi isi data.

             Pengamanan dari segi Infrastruktur merupakan pengamanan dari segi fisik. Hal ini diterapkan pada hardware dengan menggunakan software yang di instal atau melalui konfigurasi tertentu ke dalam hardware tersebut sehingga, meningkatkan sisi security dari hardware tersebut.

            Pengamanan dari segi isi data berkaitan dengan pengamanan data informasi yang akan dikirimkan melalui jaringan dan informasi yang disimpan oleh jaringan itu sendiri.Penerapan keamanan ini dilakukan pada saat paket data akan diformat, dialamatkan dan saat data akan dikirim atau tergantung dari  jenis software/aplikasi yang digunakan.


            Manfaat dari Keamanan jaringan yaitu dapat menjamin kerahasiaan, seperti data yang bersifat privasi hanya bisa diakses dan diproses  oleh orang tertentu. Hal ini berhubungan dengan password yang susah di tebak oleh orang lain dan dapat ditanggulangi dengan mengubahnya secara periodik. manfaat berikutnya seperti mengatur integritas komunikasi yang berhubungan dengan saat transmisi data. Data yang akan dikirim tidak sampai ke alamat yang salah. Biasanya terjadi saat data harus dikirim ulang. Untuk itu dibutuhkan enkripsi data, algoritma data dan check sum. 

            Jaminan ketersediaan seperti aat mengakses data, terkadang data yang diakses tidak bisa di dapat, Hal ini disebabkan oleh tempat penyimpanan sumber informasi disusupi virus. Oleh sebab itu, dibutuhkan firewall dan software anti-virus untuk mengamankan data di komputer tersebut, hal ini juga termasuk dalam keamanan jaringan
  


           Oke, selesai sudah pembahasan kita tentang dasar-dasar atau elemen-elemen penting yang harus di perhatikan dalam membangun suatu jaringan. semoga hal ini bermanfaat bagi agan-agan sekalian terutama pada agan yang sedang membangun suatu jaringan. baikla sekian dulu dari saya, enjoy it......and good luck.... ^^
      
 

 

2 comments:

  1. Wah bagus, niche (spesialisasinya) "techno blogger" atau khusus ke IT blogger? Bagus, tuh Mas. Bisa memberi pengetahuan kepada khalayak mengenai dunia IT/techno dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti orang awam :)

    Oya, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya maafkan saya karena saya baru membalasnya sekarang, maklum blogger baru...masih belajar banyak utak atik sehingga jadi ga terpehatikan deh.... saya posting ini ke seluruh masyarakat guna yang awam bisa belajar secara otodidak maupun ke blogger-blogger lainnya, termasuk IT Blogger. Trims ^^

      Delete