Sunday 23 October 2016

Spesifikasi Merakit Komputer (Desain Grafis dan Rendering)


          Halo gan, bertemu lagi dengan saya di blog saya pastinya butuh-it.blogspot.com(promosi terussss, hehehe). Kali ini saya akan membahas tentang jenis merakit berdasarkan spesifikasi komputer yang di butuhkan yang biasanya ini gan, orang-orang suka bingung seperti: "saya ingin merakit pc (personal komputer) saya untuk keperluan desain grafis, bagaimana ya spesifikasi yang saya butuhkan?" atau terkadang "saya butuh komputer yang cepat untuk rendering, apa saya beli saja komputer untuk gaming?, karena bukanya spesifikasi gaming juga sudah cukup tinggi?" Sehingga, orang-orang bisa salah paham dan pada akhirnya tetap saja tidak sesuai dan menghabiskan banyak uang bukan?.
   
            Saya akan berbagi tentang spesifikasi-spefikasi tersebut sehingga bisa membantu agan-agan sekalian yang membutuhkanya. tetapi, di sini saya akan berbagi hal ini secara umum bukan spesifik. Saya akan berbagi spesifikasi yang setidaknya sudah bisa membantu kinerja-kinerja sesuai dengan keperluan yang ada. Baik, lansung kita mulai saja ya gan. semoga bermanfaat. ^^

 Spesifikasi Desain Grafis 

      Komputer desain grafis cenderung mempunyai spesifikasi yang lebih berat daripada komputer kantor biasanya. Saya akan memberikan spesifikasi dan alasan-alasan kenapa harus memilih perangkat  tersebut.

 Processor
         Sebelum kita membicarakan processor yang cocok untuk membuat desain grafis, Maka kita harus mengenal terlebih dahulu dua perusahaan yang terbaik sebagai produsen perangkat keras Unit Pemroses Sentral dewasa ini.Kedua perusahaan tersebut adalah AMD dan Intel.

            Kedua perusahaan ini memang menawarkan berbagai  produk mikroporsesor berkualitas dengan banyak seri serta jenis maupun kecepatan yang berbeda. Akan tetapi, pada saat ini, Intel memang masih memiliki persentase penguasaan pasar lebih besar jika dibandingkan AMD. Namun bukan berarti AMD  berkualitas dibanding Intel, sebaliknya kedua perusahaan ini memiliki keunggulan dan kelemahan atau lebih spesifik lagi dengan  kebutuhan penggunaan yang berbeda-beda. 

         AMD
              Processor AMD lebih cepat atau rentan dengan panas bahkan sampai overheat jika digunakan dalam waktu tertentu. Tetapi untuk saat ini AMD Quad-core bisa di bilang lebih stabil masalah panas dibandingkan seri Intel Dual-Core.
               Kelebihan Dari processor AMD apabila dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon HD, kualitas grafis yang ditampilan tinggi dan sangat bagus, bahkan jauh melebihi dengan Intel. Perusahaan AMD juga cenderung memiliki perangkat keras  yang lebih murah dengan harga dan performa ratio tertinggi dibandingkan harga dan performance Intel  dan bukan berarti murahan. Mikroprocessor AMD juga dikenal tangguh untuk menjalankan berbagai macam program desain grafis, pengolah video dan aplikasi game berat (tergantung kemampuan seri processor). Rekomendasi processor AMD terbaik adalah AMD FX 9590.
              Kekurangan processor AMD adalah memakan konsumsi daya listrik di atas 100 watt karena memiliki konsep perancangan yang lebih difokuskan untuk memacu kecepatan dan hal ini memang berimbah kepada processor AMD yang di cap lebih cepat panas.

          Intel 
                  Processor Intel yang memanfaatkan teknologi Virtualization, Hyper Threading, serta Turbo Boost  mampu secara signifikan menambah kecepatan dan kinerja. Serta lebih membuat stabil panas prosesor. Sejak lama memang Intel memiliki range varian produk paling banyak dan rasio Clock/performance yang terbaik. Kebanyakan orang menganggap,  bahwa untuk kebutuhan multimedia seperti video, akses Microsoft office, sound, Intel adalah yang terbaik dibandingkan AMD. Tentu prosesor semacam ini sangat cocok bagi Anda yang kerja kantoran dengan job yang super sibuk.Tetapi menurut saya pribadi, pada saat ini juga banyak orang-orang yang sudah cukup puas menggunakan perangkat Intel untuk desain grafis, rendering dan gaming termasuk saya sendiri. Processor Intel tidak menggunakan konsumsi daya listrik yang tinggi seperti AMD.\
                  Kekurangan Processor intel terletak pada harga yang mahal dikarenakan dengan memiliki kecepatan tinggi yang stabil dan konsumsi daya yang rendah dan satu lagi terletak pada kualitas grafis yang masih kurang bagus dibandingkan AMD dengan spesifikasi kartu grafis sama.


          Processor yang cocok untuk membuat komputer desain grafis jika kita lihat dari produk AMD, saran saya untuk memilih seri Processor terbaru AMD yaitu AMD FX. AMD FX memiliki kecepatan kerja Default lock prosesor mencapai 4,7 GHz, dan jika sedang menjalankan program, prosesor ini dapat mencapai 5 GHz. Keuntungan lainnya adalah meningkatnya performa yaitu dengan kehadiran jumlah inti prosesor yang mencapai delapan core. Setelah melalui proses uji benchmark, diketahui bahwa hasil uji prosesor ini pun cukup memuaskan. 

         Untuk budget kelas Low-end saya sarankan menggunakan processor AMD vishera FX 4300 (3,8Ghz cache 4MB 95W - 4 core) dengan harga 1.210.000 atau AMD vishera FX 6300 (3,5Ghz cache 6MB 95W- 6 core) harga : 1.410.000. Sedangkan untuk kelas Mid-end lebih baik menggunakan  AMD vishera Fx 8320E (3,2GhZ cache 8MB 95W-8 core) harga 1.910.000, dan untuk kelas high-End, AMD vishera FX 8350 (4.0 Ghz cache 8 MB 125W - 8 core) harga 2.410.000.

        Untuk produk Intel pada kelas low-End, saran saya adalah Intel Core i3 3240 (3,40Ghz cache 3MB 55W- 4 core) harga: 1.527.000. Kelas Mid-end gunakan intel core i5 3570k (3,4Ghz-3,8Ghz cache cache 6MB 77W - 4 core) harga 2.936.000 hingga 3.067.000. Pada kelas High-End, CORE I7 3770K UNLOCKED 3.5 GHZ CACHE 8 MB dengan harga 3.690.000.

         Hal di atas saya kembalikan lagi kepada Agan-agan sekalian. Jika, Agan lebih memilih untuk mengunakan Produk AMD, saya sarankan Pc agan di tempatkan pada tempat yang dingin atau sejuk dengan penambahan kipas pendingin yang lumayan banyak pada casing komputer Agan sekalian, jadi tidak terjadi overheat yang bisa menyebabkan terbakarnya motherboard milik agan. Rugi bukan ? ^^


Memory  (RAM)

        Hal kedua yang perlu ditingkatkan adalah Memory(RAM). logikanya adalah semakin banyak memori maka loading/kinerja komputer akan semakin cepat. Oleh karena itu saya menyarankan untuk menambah memori sebanyak-banyaknya agar perfoma PC bisa cepat. Saya sarankan miliki lah motherboard yang menyediakan minimal 4 slot memori bukan 2, karena anda akan memiliki kesempatan lebih tinggi untuk menambah kecepata komputer agan.

         Pada memilih tipe memori untuk desain grafis ini, saya tidak akan mengatakan tipe khusus untuk agan gunakan. Saya sarankan agan menggunakan merk Corsair. Agan bisa menggunakan  tipe-tipe yang buat gaming misalnya Vengeance atau yang menggunakan head spreader. Ukuran Memori minimal gunakanla ukuran sebesar 4GB, tetapi penggunaan aplikasi desain grafis yg terkadang memory-intensive alias padat karya, maka disarankan untuk memilih atau memakai RAM dengan kapasitas 8GB ke atas.
              
        Jika Budget agan tipis, Agan bisa menggunakan merk lain, tetapi jangan gunakan tipe-tipe standart karena komputer agan akan dipaksa bekerja keras. Setidaknya, Agan menggunakan tipe standart ke atas walaupun merk standart biasa. Misanya menggunakan merk kingston, trascend, venom. Merk-merk tersebut menyediakan tipe standart ke atas. 

         Pendingin Memori saya rasa untuk agan-agan sekalian itu terserah kepada agannya, karena saya rasa untuk desain grafis saja tidak perlu memiliki pendingin pada memori juga tidak terjadi masalah. Tetapi, jika agan ingin memasang pendingin saya sarankan gunakan tipe pendingin yang berjenis heatsink daripada tipe kipas. Karena menurut saya, heatsink merupakan tipe yang menghisap panas yang ada pada memori sedangkan untuk kipas mencoba untuk mendinginkan panas pada memori. Jika panas yang disediakan oleh memori melebihi dingin yang diberikan oleh kipas, jadi sama saja bukan?. Berikut adalah gambar untuk pendingin kipas dan heatsink dari saalh satu model yang tersedia.
Tipe Kipas


  
Tipe Heatsink



                                                
                Hal terakhir adalah jenis Memori. Jenis Memori yang ada sampai sekarang adalah DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4 paling terakhir. Semakin tinggi DDR yang agan gunakan maka semakin besar pula kapasitas dan kecepatannya. Hal ini harus agan sesuaikan dan didukung juga pada slot yang disediakan pada motherboard agan.Sampai sekarang ini sih lebib banyak digunakan pada DDR3 dan DDR4, sedangkan DDR2 sudah jarang di gunakan.Saya rasa DDR3 tiga cukup memadai untuk desain grafis. Berikut perbandingan tipe jenis  Memori dari DDR2 hingga DDR4.


                 




Kartu Grafis (VGA Card)

              Kartu grafis benda yang lumayan berperan penting dalam desain grafis. Karena kita bekerja keras pada grafik dan tentunya anda tidak mau kan saat anda mendesain ternyata tampilan pada layar monitor pecah - pecah dan warna yang dihasilkan tidak sesuai?. Jika bicara tentang kartu grafis, maka ada dua perusahaan  besar yang memegang peranan dalam kartu grafis yaitu : Nvidia dan AMD. Kedua perusahaan ini bersaing sangat ketat dan banyak orang yang lebih menggungguli nvidia, dan ada beberapa juga yang mengungguli menggunakan kartu grafis buatan AMD. Menurut saya  dan teman saya yang sudah menggunakan keduanya, kami merasa kalau perbedaan nya terdapat pada tekstur gambar/warna dan ketajaman gambar/warna. Nvidia lebih memegang pada kehalusan tekstur pada gambar, sehingga kita dapat melihat detail pada gambar bukan pada ketajaman gambar yang dihasilkan seperti AMD yang memfokuskan pada ketajaman gambar bukan kehalusan tesktur gambar. Hal ini sama seperti kita membedakan gambar vektor dengan Bitmap. Merk-merk kartu grafis ada banyak misalnya Asus, Gigabyte, MSI. Tetapi pada dasarnya mereka menggunakan chip yang sama jika tidak nvidia atau AMD.

             Pada kartu grafis nvidia Untuk kelas low-mid end saya sarankan agan menggunakan seri-seri yang berawal GTX bukan GT, dikarenakan performanya lebih bagus. seperti nvidia GTX-750 digital aliance stormx OC 1GB DDR5 128 bit harga : 1.536.000 Atau GTX-750 i stormx OC 1GB DDR5 128 bit Harga: 2.010.000. merk Asus sedikit lebih mahal dengan spesifikasi yang sama. GTX-750nya Asus dengan Harga : 2.135.000 dan GTX-750 i dengan Harga 2.135.000. Perbedaan GTX-750 dengan GTX 750 i adalah GTX-750 i sedikit masih unggul pada clock default atau overclock (2-5fps). Tetapi, jika sensitif harga mending agan pilih GTX 750 saja ^^.

               Kartu grafis nvidia untuk kelas high-end, lebih baik  agan menggunakan Leadtek NVidia Quadro Kepler K420 1Gb 128Bit DDR3 NVidia PCI Express yg dijual seharga Rp 2.850.000.

                Untuk Produk AMD, pada seri Ati radeon saya kurang berpengalaman bagi seri radeon dengan spesifikasi desain grafis, jadi saya akan membagikan lansung buat kelas high-end yaitu Sapphire AMD FIREPRO W4100 2Gb 128Bit DDR5 Ati Radeon PCI Express yg harganya Rp 2.800.000

                 Akan tetapi, dengan harga yg lebih murah Rp 50 ribu, Sapphire AMD FirePro W4100 justru menawarkan kapasitas VRAM yg lebih besar (2GB) dan data-rate yg lebih baik (DDR5) dibanding Leadtek Quadro K420 Kepler (1GB dan DDR3) yg memang kartu grafis workstation kelas entry-level.

           Otomatis demi efisiensi budget harga, kita lebih baik memilih yg lebih bagus plus lebih murah, dalam hal ini Sapphire AMD FirePro W4100. Soal kinerja, sudah tidak perlu diragukan lagi dengan spesifikasi yg lebih unggul tentu saja AMD FirePro W4100 dengan mudah melampaui performa dari NVidia Quadro K420 yg memiliki rentang harga sama (bahkan NVidia Quadro K420 justru lebih mahal Rp 50.000,-), sebagaimana dapat dilihat pada keterangan gambar berikut ini:  



Pada informasi ini, saya dapatkan  dari www.adrianoize.com yang sudah membantu saya memberikan informasi pada agan-agan sekalian. terima kasih gan adrianoize.com.  


MotherBoard
        
             Pada pemilihan motherbard, alangka lebih baik anda sesuaika lagi dengan processor yang digunakan baik dari segi soket maupun daya tahan. tetapi rekomendasi saya sih pada kelas low-end yang setara dengan processor i3 adalah merk Asus H61 m-D dengan harga : 900.000

                    
  
       Pada kelas MId-end rekomendasinya adalah Gigabyte  G1.Sniper B6 intel Socket 1150 harga Rp 1.702.000, yang berbasis chipset B85 dari Intel. MoBo ini merupakan bagian dari motherboards GIGABYTE 8 Series yg mendukung processor Intel® Core™ generasi keempat. Fitur yg ditawarkan cukup lengkap ditambah lagi daya tahan alias durability yg di-klaim lebih baik di kelasnya dengan adanya fitur GIGABYTE Ultra Durable™ 4 Plus yg menjamin ketahanan komponen dan masa pakai yg lebih lama.  


          Terakhir, untuk kelas High-end gunakan yang benar-benar berguna untuk desain grafis sekaligus gaming yaitu, motherboard sabertooth x79 support socket lga 2011, Memory 8 x DIMM Max. Memory DDR3 1866/1600/1333/1066 MHz Non-ECC, Un-buffered Memory ram max 64GB dengan harga :  4.200.000.





PowerSupply

       Dalam hal ini, pemilihan merk power supply terserah agan sekalian, yang penting Agan memilih 500 Watt hingga 800 Watt. Jika Agan ingin yang standart saya sarankan thermaltake evo_BLUE 650 W. yang penting jangan sampai meledak!!. 

Monitor 

       Pada Monitor, lebih ke arah kelas standart(Mid-End) saya merekomendasikan untuk menggunakan jenis LCD, bukan LED, karena kualitas warna dari LCD lebih baik ketimbang LED, apalagi jika anda menggunakan monitor jenis CRT, itu memiliki kualitas warna yang stabil dan baik. Jika anda menggunakan LCD maka pilihlah yang tipe Wide Screen agar anda lebih leluasa dalam melihat Hasil kerja anda. Budget dan merk tergantung dengan Agan sekalian yang menentukannnya.

Harddisk

      Untuk HDD, Agan lebih baik memilih dengan kapasitas 500 GB ke atas, di karenakan pada desain grafis pasti membutuhkan lebih banyak file dan ukuran yang lebih besar bukan. Kecepatannya, Agan lebih bagus menggunakan 7200rpm ke atas, bukan ke bawahnya, dikarenakan pasti akan mengurangi performa. Untuk merk gunakan seagate dan untuk harganya terserah agan yang menentukannya sesuai budget Agan.
           
Casing

      Pemilihan casing CPU tentu perlu diperhatikan apalagi dengan spesifikasi diatas tadi, perlu suplai udara segar yang lancar agar mesin tetap dalam performa terbaiknya. Perhatikan susunan dalam casing, pastikan gunakan jenis tingkat agar flow udara bisa mengalir ke semua bagian, perhatikan juga jumlah fan yang akan digunakan, yang jelas pastikan bahwa CPU stabil suhunya. Untuk pemilihan hal ini, agan bisa menggunakan kasing tipe game seperti THERMALTAKE Element T dengan harga 700.000 atau THERMALTAKE Soprano RS 101 VJ7000BWS (Middle Tower) dengan harga 585.000. tetapi, jika Agan ingin menggunakan casing yang biasa saja juga bisa, tetapi usahakan terdapat ventilasi udara yang memadai sehingga komputer tidak overheat.
                                                             
                        Element T












                                                                      Soprano rs 101.



 SPESIFIKASI RENDERING

         Pc atau komputer rendering adalah komputer dirakit khusus untuk kebutuhan rendering video atau pun modeling dan animasi 3D. Performa dan kekuatan dari komputer rendering jauh di atas. Ini, karena Komputer rendering adalah Komputer yang digunakan untuk membuat permainan game itu sendiri, mulai dari tokoh, motion dari game, Dan, a digunakan untuk mengetes game-game tersebut. Film-film box office dan animasi juga dibuat menggunakan Komputer rendering agar hasilnya lebih baik.Sebenarnya jika untuk keperluan rendering  yang standart ke bawah saja, Agan bisa menggunakan spesifikasi seperti desain grafis di atas yang sudah saya jabarkanTetapi, apabila agan membutuhkan kualitas Rendering yang sangat cepat dengan komputer yang Awet, saya akan memberi perinciannya dan pastinya harga relatif mahal. Jadi, mari kita ke kelas high yang pastinya jika kita berhenti mempikirkan harga, tetapi lebih memilih kualitas dan kepuasan. ^^

  Processor

           Untuk Produk AMD rekomendasinya adalah AMD Vishera FX-9590 Dengan clock speed 4,7 Ghz dengan Cache 8 MB daya 220 Watt Harga 3,6 juta. Pada Produk Intel Core i5-4440s 2.8Ghz - Cache 6MB [Box] Socket LGA 1150 - Haswell Series. Pada Produk intel i7 4770 Box (3.5Ghz, C6MB, Haswell Series) Intel LGA 1150 dengan harga 3.844.000.

 Memori (RAM)
     
             Ukuran memori minimal sebesar 8 GB dan jika di performa yang cepat gunakanla ukuran hingga 16 GB. Rekomendasi saya adalah Corsair CMZ16GX3M4A2133C9R (4x4Gb) Vengeance Red PC17000 dengan harga Rp. 1,2 jutaan.

 
Kartu Grafis (VGA Card)

             Rekomendasikan adalah Nvidia Leadtek Quadro Kepler K620, 2GB DDR3  128 bit dengan harga  4.400.000 atau VGA Card XFX R7 250 OC 1GB 128bit DDR5 sebanyak dua. Disini kita akan menggunakan teknologi CrossfireX untuk menggabungkan dua VGA Ati Radeon ini. Harganya adalah sekitar Rp. 2,6 jutaan. Kita memang hanya menggunakan VGA Card 1GB tapi harus menggunakan dual GPU.

MotherBoard

              Saya rekomendasikan adalah motherboard Asus M5A97 R2.0 Socket adalah sekitar Rp. 1,2 jutaan atau GIGABYTE GA-H97-HD3 dengan harga sekitar 1,5 jutaan ke atas.

PowerSupply

           Untuk power supply sendiri Saya menyarankan menggunakan Corsair RM850 (CP-9020026-EU). Power supply ini sudah Full Modular, yang bersertifikat 80 Plus Gold. Dari Power supply ini harganya adalah sekitar Rp. 2 jutaan.

Harddisk 

               Pada saat rendering video atau animasi 3d maupun Model 3d pastinya akan banyak memakan file yang akan dijadikan satu. Nah, Saran saya adalah kepada agan untuk menggunakan dnegan kapasitas 2 TB. rekomendasinya adalah WDC SATA III Black 4TB. Anda bisa mendapatkan hardisk ini dengan harga yang hanya Rp. 2,9 jutaan. 

SSD

              SSD adalah salah satu media penyimpanan utama selain hard disk. Di dalam sebuah komputer, SSD dan hard disk berfungsi sebagai media untuk menaruh semua data. Booting sebuah komputer juga menggunakan kedua benda ini. SSD cocok untuk primary instalasi sistem operasi bukan untuk tampungan data final video sehingga, kita bisa fokuskan HDD cuman hanya untuk menyimpan file data. Rekomendasinya adalah Corsair 128GB CSSD-F128GBLX force Series LX SATA III. Harga bisa agan cek sendiri (Peace ^^).

 
Monitor dan Casing

              Pada hal ini, saya rasa agan hanya perlu mengikuti sama halnya dengan spesifikasi desain grafis, dikarenakan tidak terlalu berpengaruh dengan kinerja anda pada saat bekerja. Pada umumnya kedua benda ini sama saja untuk rendering, Gaming dan desain Grafis.




           Pada pembahasan saya dalam spesifikasi merakit komputer untuk desain grafis dan rendering ini, saya memang tidak membahas untuk perangkat Mouse, keyboard, speaker dan headphone. Karena, bagi saya hal ini tidak terlalu mempengaruhi dalam kinerja kita baik pada saat desain grafis atau rendering. Untuk mouse, palingan agan hanya perlu memilih mouse dengan DPI yang tinggi sehingga lebih nyaman dalam menggunakannya. Mouse DPI tinggi banyak ada pada mouse gaming dan harganya relatif dari 100 ribu hingga 200 ribu. tetapi, hal ini tidak terlalu saya rekomendasikan untuk wajib digunakan. Satu hal lagi, untuk sistem operasi, saya memakai Windows. Saya belum pernah menggunakan sistem operasi yang lain. Sistem operasi Windows lebih baik gunakan Windows 8 atau windows 10 dikarenakan dari performa atau kecepatan lebih menggungguli.



           baik, gan sampai disini dulu kali ini pembahasan kita pada Spesifikasi Merakit Komputer pada desain grafis dan rendering. Materi-materi yang ada banyak saya kumpulkan dari internet, beberapa website maupun dengan teman saya dan saya sendiri yang dimana saya satukan agar bermanfaat buat agan-agan sekalian di dalam blog saya ini. Untuk versi-versi perangkat yang sudah saya jabarkan di atas saya bahas secara umumnya bukan berarti agan tidak bisa memilih merk lain, tentu boleh-boleh saja dan bukan berarti tidak ada yang lebih bagus lagi, tentu saja ada. Tetapi, tidak bisa saya tentukan dengan pasti karena itu semua kembali kepada agan-agan sekalian. Menurut saya pribadi spesifik di atas sudah membuat agan-agan nyaman dalam memakainya. Baikla gan, saya pamit dulu untuk pertemuan kali ini, semoga bermanfaat. ^^



2 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama Agan...sory terbalas agak lama....keep watching and share ya

      Delete