Sunday 16 October 2016

    
 Perkenalan Jaringan Komputer


     Perkenalkan Agan-agan sekalian, Ini blog baru saya. Di blog saya ini, saya ingin berbagi kepada kalian tentang ilmu komputer yang saya pelajari sewaktu duduk di bangku kuliah dulu. Setelah kita lihat pada zaman sekarang ini mungkin memang sudah banyak blog-blog atau website yang berbagi ilmunya di bidang di komputer, tetapi yah...siapa yang tahu dalam menuntun ilmu itu tidak ada habisnya bukan? (sok keren dikit bolehla...hehe).

    Pada Topik kali ini saya akan memulai dari jaringan komputer, yang dimana pada sekarang ini hal komunikasi yang berbasis jaringan atau lebih tepatnya Networking sudah ada di kehidupan kita sehari-hari, bahkan sudah ada yang menjadikannnya sebagai kebutuhan hidup. Jadi, saya akan memulai berbagi secara umum tentang jaringan(networking) dan pengenalan-pengenalan dasar jaringan, gangguan komunikasi dan beberapa hal yang berhubungan dengan Jaringan komunikasi kepada kalian semua. Oke deh daripada banyak cerita sedikit bekerja (hehe), mari kita mulai ^^. 


  Networking atau Jaringan data pada awalnya ketika di publikasi secara umum hanya digunakan sebagai sarana Transportasi Informasi untuk keperluan bisnis dan perusahaan.
ž  Namun sekarang jaringan komunikasi semakin berevolusi untuk membawa data dalam bentuk suara, video streaming, teks, dan grafik antar berbagai tipe peralatan yang berbeda.
  Sehingga saat ini, berguna sebagai suatu alat untuk meningkatkan kualitas dan mempermudah dalam kegiatan kehidupan kita sehari-hari.Contoh yang bisa di ambil adalah suatu jaringan yang mendukung kita dalam bekerja.Sebuah žaplikasi bisnis/perusahaan dapat diakses dari jarak jauh seolah-olah karyawan berada di lokasi tempat kerja sehingga 
            Pekerja di lokasi yang berbeda bisa saling berhubungan satu sama lain dan dapat mengakses berbagai sumber daya yang terdapat pada Network.

    Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari memiliki berbagai bentuk, tergantung lingkungan dimana kita berinteraksi. Misalnya, sikap  kita akan berbeda di saat kita berkomunikasi via chatting di internet atau saat kita dalam wawancara perkerjaan.

Karakteristik Dasar Komunikasi

     Dalam berkomunikasi, pasti kita membutuhkan sebuah percakapan yang harus dipahami oleh lawan bicara kita dan suatu percakapan tersebut harus memiliki suatu pokok bahasan, seperti contohnya: ketika kita sedang bercanda, makan percakapan yang kita bahas harus suatu percakapan yang bisa membuat lawan bicara kita tertawa, atau ketika kita suatu perkacapan kepada rekan bisnis maka percakapan yang kita mulai tersebut harus serius dan dapat dimengerti. Hal ini yang juga berlaku di dalam dunia jaringan(networking).Ketika kita mengirim suatu data dari suatu tempat atau ketempat lain sehingga aturan-aturan yang telah dibuat ini, serta protokol yang telah disepakati, harus diikuti agar pesan/data yang akan disampaikan berhasil dikirim dan dipahami.

      Suatu pesan/data yang berisi informasi penting, mungkin memerlukan konfirmasi seperti : bahwa pesan telah diterima dan dipahami. žSebagai pesan/data yang bergerak melalui suatu network, banyak faktor yang dapat mencegah pesan sampai ke penerima ataupun mendistorsi makna yang dimaksudkan. Hal-hal tersebut diatas dapat disebabkan oleh faktor-faktor internal ataupun eksternal.


Faktor Eksternal Penyebab Gangguan Komunikasi
  1. ž      Kualitas dari jalur atau media pengiriman yang menghubungkan antara pengirim dan penerima.
  2.       žBerapa kali pesan harus berubah bentuk (baik dari segi kompresi ataupun format data).
  3.       Berapa kali pesan harus diarahkan atau re-addressed.
  4.       Jumlah pesan lainnya yang ditransmisikan secara simultan pada jaringan komunikasi yang sama.
  5. žJumlah waktu yang dialokasikan untuk komunikasi yang di kata sukses/berhasil.

 
Faktor Internal Penyebab Gangguan Komunikasi
  Ukuran Pesan
      Lebih sulit untuk menyampaikan pesan yang besar, dengan cepat dan tanpa kerusakan, daripada untuk memberikan/menyampaikan sejumlah kecil pesan yang kurang kompleks.
  Kompleksitas dari pesan
         Misalnya suatu data mengandung text, audio dan video.
  Pentingnya pesan 
         Berhubungan dengan tingkat security pengiriman data. 

 Networking 

         Di dalam suatu jaringan komputer, terdapat 4 elemen utama yaitu berperan sebagai Aturan atau Kesepakatan untuk mengatur pesan-pesan yang dikirim, diarahkan, diterima dan ditafsirkan. Pesan atau Unit Informasi yang berjalan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Cara Interkoneksi Perangkat Media yang dapat memindahkan pesan dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan Perangkat yang ada pada jaringan yang saling bertukar pesan satu sama lainnya.



 
  Ad1. Rule/Aturan
        Aturan ini menentukan setiap langkah dalam proces, mulai dari cara kabel-kabel dirancang sampai dengan cara pengiriman sinyal digital. Peraturan-peraturan ini disebut protokol, misalnya TCP / IP.


   Ad2. Pesan/Unit Informasi
ž        Pesan adalah istilah umum yang mencakup informasi teks, suara atau video. žPesan harus dikonversi ke bit, sinyal digital biner kode, sebelum dikirim melalui media penghantar.


  Ad3. Media/Perantara

        Media/perantara merupakan sebuah media fisik yang mengantarkan pesan atau data pada jaringan (networking) baik dari internet maupun bukan. Sebuah konektor  lebih tepatnya yang dapat  menghubungkan ke perangkat yang kita gunakan. Media perantara disini menggunakan kabel(utp dan sebagainya) atau nirkabel(wifi, radio dan sebagainya).



Ad4. Device/Perangkat
      Device/perangkat adalah objek yag digunakan sebagai pengirim atau penerima pesan yang dikirim melalui media perantara. Perangkat Device terdiri dari dua ialah end user devices yang bisa merupakan destop computer, server, notebook, dan perangkat mobile. Sedangkan yang satunya lagi disebut Networking devices yang terdiri dari LAN switch, FireWall, Router, Wireless Router. 




 

Network Tidak Terpusat (Multiple Services-Multiple Networks)
        žDi masa lalu, masing-masing layanan sebuah data dalam mengirimkan pesan memiliki teknologi yang berbeda-beda untuk menyampaikan sinyal komunikasinya sehingga, setiap layanan telah menetapkan sendiri aturan (protocol) dan standarnya, setiap peralatan mempunyai protokol sendiri-sendiri untuk menjamin sinyal yang dilewatkan dalam jaringan berhasil sampai tujuan. Tetapi, pada masa sekarang rata-rata network yang digunakan sudah terpusat (converged networks).


 

Network Terpusat (Converged Networks)
    Convergence/pemusatan terjadi ketika data telepon, siaran (radio dan TV), dan komunikasi komputer semua menggunakan aturan, perangkat dan media yang sama untuk membawa pesan.







 

        yups, untuk pengenalan dasar tentang jaringan komputer saya rasa sampai disini terlebih dahulu agan-agan sekalian dan pada pembahasaan berikutnya saya akan mengenalkan bagaimana konsep rancangan fisik jaringan atau arsitek jaringan akan di bangun yang terdiri dari skalabilitasnya, kualitas layanan, keamanan dan toleransi kesalahan. pada pembahasan saya di atas berserta gambar-gambar yang ada, sedikit banyak saya mengambil kutipan kutipan kalimat ketika saya belajar jaringan dahulu yang saya dapatkan juga dari instruktur pengajar dan dosen saya dan jika ada hal-hal yang kurang di pahami dari penulisan saya atau ada pertanyaan-pertanyaan segera mohon berikan komentar kepada saya, mohon di maklumi saya masih baru dalam membuat blog (hehe...). Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat ^^

 
 
 
 
 
 
  
 

















 

2 comments: