Saturday 12 November 2016

Memperbaiki Error "Your computer is low on memory"

 Halo gan ^^. Hari ini saya ingin berbagi sedikit tentang masalah yang  sering terjadi pad sistem operasi Windows milik microsoft yaitu tentang message error "Your computer is low on memory". Lansung aja ya ini gan.



   Sebenarnya sih, hal ini lebih sering terjadi akhir-akhir ini pada windows 10 terbaru milik microsoft ini gan. Saya sendiri mengalami hal ini  terjadi pada PC abang saya Ketika dia ingin bermain game yang lumayan cukup favorit di dunia yaitu World of tank (hehehe, sedikit promosi ya). Nah ketika itu muncul message error seperti  ini. 


   Memang, pada kasus kami ini terjadi pada ketika bermain game. Dugaan saya waktu itu dari message yang ada adalah di akibatkan penggunaan memori(RAM) Yang terlalu banyak dan mendekati ambang batas. Lalu, karena saya penasaran, saya mencoba sharing di forum-forum internet lalu mendapatkan juga orang yang mengalami hal yang sama dengan kasus yang berbeda. Ada yang terjadi ketika sedang browsing, download dan edit gambar. Beberapa orang sependapat dengan penggunaan memori yang terlalu banyak

        Kemudian saya mencari-cari tahu karena masih penasaran dan saya menemukan jawabannya. apa penyebab akan semua ini yang dimana dugaan. terdapat beberapa penyebab hal ini yang dimana salah satu sesuai dugaan saya selama ini, yaitu:

Penyebab pertama: seperti yang saya bilang sebelumnya yaitu terjadi ketika sebuah program tidak membebaskan kinerja memori yang tidak lagi dibutuhkan. Masalah ini disebut memory overuse atau memory leak.

Penyebab Kedua: ketika komputer Agan kehabisan RAM dan rendahnya file paging pada memori virtual. Hal yang saya maksud adalah begini Komputer Agan memiliki dua jenis memori, random access memory (RAM) dan memori virtual. Semua program menggunakan RAM, tetapi ketika tidak cukup RAM untuk program yang Anda jalankan, Windows memindahkan informasi yang biasanya disimpan dalam RAM ke file pada hard disk yang disebut paging file. Jumlah informasi sementara disimpan dalam file paging juga disebut sebagai memori virtual. Kehabisan memori RAM (Kesalahan memori tidak mencukupi) dapat menyebabkan memori rusak

Penyebab Ketiga : Kebocoran memori yang disebabkan oleh bebebrapa driver yang tidak kompatibel(tidak dapat di sesuaikan) dengan sistem operasi windows (Lebih sering terjadi pada Windows 10). Contohnya, ketika ada sebuah driver kartu grafis (atau driver-driver yang lain juga bisa) yang tersedia hanya untuk windows 8 paling tingginya, lalu kita mencoba mempaksakan driver kartu grafis tersebut dengan sistem operasi win 10. 

      Setelah saya mencari tahu penyebabnya, saya menemukan solusi yang dapat membantu saya dan agan sekalian dan semoga error tersebut dapat hilang dan tidak muncul lagi. ikuti langkah-langkah berikut:



    Tekan Windows key (tombol windows pada keyboard) + R. Lalu tempatkan sysdm.cpl di Run untuk membuka kotak System Properties. Klik Ok/tekan enter key





              Pada kotak System Properties, beralih ke tab Advanced. Lalu cari settings dan klik.



           
      Pada kotak Performance Options, beralih ke tab Advanced. Cari dan Klik Change.



     Pada Kotak Virtual memory, Hilangkan centang pada pilihan automatically manage paging file size for all drives.

      Pilih sistem drive agan, di bawah heading paging file size for each all drive. Ukurannya bisa ditentukan di custom size, yang dimana pada Initial size tentukan besar memori(RAM) yang kita miliki dan pada Maximum size, gan bisa menambah virtual memorinya. biasanya bisa sebanyak 4 kali lipat dari memori bawaan(memori yang kita miliki)


    Lalu, pilih dan klik OK, OK, Apply, OK.


       Cara lain untuk agan lakukan adalah dengan menurunkan performa tampilan yang ada. Windows memiliki user interface yang bagus. Namun, beberapa fitur sama sekali tidak perlu untuk kinerja komputer Agan. Semua fitur UI dituangkan ke dalam RAM Agan yang menyebabkan pesan your computer is low on memory sering terjadi. Jadi, jika Agan ingin untuk menghindari kesalahan memori tidak cukup dan mempercepat PC Anda, atur pilihan visual Agan, caranya :


     Sama halnya dengan cara sebelumnya, tetapi ketika Agan memasuki kotak performance options, beralih ke tab visual EffectAnda dapat memilih dari daftar pilihan seperti Adjust for best performance atau custom. Jika Anda memilih Adjust for best performance semua fitur akan dihilangkan centang.



    Cara terakhir, adalah membersihkan file-file sampah yang terdapat pada harddisk yang dimana dapat memperlambat kinerja hardisk dan memori(RAM). Agan bisa dengan klik kanan pada drive sistem agan(Drive C atau drive tempat anda menginstall windows.) pilih Properties dan pilih DiskCleanUp.


     Agan mungkin bisa menggunakan aplikasi cleaner pembersih RAM seperti ccleaner. tetapi saya pribadi tidak menyarankan itu pada komputer agan. Toh, beberapa cleaner bekerja dengan terus-menerus dengan kapasitas besar yang justru menjadi penyebab terjadinya lambat pada memori(RAM).^^

    Semoga artikel kali ini bermanfaat ya gan, keep share and enjoy it. ^^



     

6 comments:

  1. Noted. Saya juga pake Win 10 tapi belum pernah masuk ke pesan ini sih. Mungkin karena di komputer saya tidak ada game-nya yah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Mbak, Sebenarnya Tidak juga sih mbak. Faktor utamanya tidak hanya terdapat pada pc yang ada gamenya, walaupun game saya bilang salah satu penyebabnya. Hal ini bisa juga terjadi pada PC dengan kapasitas memori kecil, jarang membersihkan file sampah pada komputer, terlalu banyak membuka applikasi-applikasi berat Mbak. Semoga bermanfaat ke mbaknya ya ^^

      Delete
  2. Aku nggak pernah mengalaminya gan, maklum bukan pecinta game :). Tapi cara settingnya bisa dipake tuh, biar gak boros ram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Gan...sangat bermanfaat untuk memacu kinerja Ram Di komputer. Sebenarnya tidak harus karena game, yang dimana memang game sih cukup banyak makan kinerja memori ^^ yang membutuh memori yang cukup besar. ^^ hehehe

      Delete
  3. Replies
    1. ya...sama-sama buk boss ^^. semoga bermanfaat

      Delete